The Leading Media Convergent Company

Beranda   Tentang Kami   SURAT DARI PRESIDEN DIREKTUR

SURAT DARI PRESIDEN DIREKTUR

Kami panjatkan syukur atas berkat yang dilimpahkan Tuhan Yang Maha Esa sepanjang tahun 2016 sehingga VIVA dapat mencatat hasil kinerja keuangan yang baik, di tengah pertumbuhan perekonomian Indonesia yang tetap masih belum pulih sepenuhnya dan ketidakpastian politik di tingkat global. Perekonomian Indonesia tidak banyak meningkat pada tahun 2016 , dengan pertumbuhan PDB sebesar 5,0% dibandingkan 4,8% di tahun 2015. Hal ini tercermin dalam minat pengiklan yang masih lemah. Belanja iklan bersih mengalami pertumbuhan sebesar 9,2% di tahun 2016, di bawah rata-rata lima tahun terakhir, namun meningkat signifikan dibandingkan penyusutan sebesar 1,7% pada tahun 2015. Total belanja iklan sepanjang tahun tercatat sebesar US$ 2.132 juta menurut Media Partners Asia (MPA), naik dari US$ 1.952 juta di tahun sebelumnya.

Pada tahun 2016, layanan TV terestrial Free to Air (FTA) tetap mendominasi belanja iklan. Menurut MPA, porsi total belanja iklan yang diserap TV FTA tetap stabil dengan porsi pangsa pasar di sekitar 63,1% pada tahun 2016, sedangkan belanja iklan digital naik sedikit dari 10,0% menjadi 12,9% dari total belanja iklan pada periode yang sama. Dengan demikian, nilai absolut belanja iklan TV FTA telah meningkat terus selama sepuluh tahun terakhir sejak tahun 2007. Seiring pertumbuhan iklan TV FTA , pertumbuhan iklan digital meningkat lebih pesat lagi, yaitu dari 34,2% di tahun 2015 menjadi 41,0% di tahun 2016. Hal ini menggambarkan tren pertumbuhan belanja iklan Indonesia ke depan.

Secara umum, stasiun TV FTA berhasil mencatat hasil yang baik sepanjang tahun, didorong oleh program serta micro-targeting yang tepat. ANTV berfokus pada konten hiburan sedangkan tvOne berfokus pada konten berita dan olahraga, dimana keduanya saling melengkapi dan memiliki segmen pemirsa yang berbeda. ANTV berhasil mencapai targetnya mempertahankan rangkingnya sebagai stasiun Tier 1, demikian pula tvOne merealisasikan targetnya untuk tetap mempertahankan posisinya sebagai stasiun berita #1. Kinerja ANTV mendukung peningkatan kontribusi dari pendapatan Entitas Anak Perseroan kami, yaitu PT Intermedia Capital Tbk. (MDIA) sebesar 26.7% menjadi Rp 1.756,6 miliar, mengimbangi turunnya pendapatan tvOne sebesar 2,8% yang disebabkan berkurangnya topik-topik yang layak diberitakan dan diminati pemirsa di tahun 2016. Namun tvOne tetap menyumbangkan kontribusi pendapatan sebesar 25,9%.

Di sisi digital, portal digital kami viva.co.id juga mencapai target untuk tetap berada di jajaran lima situs digital terbesar Indonesia. Per tumbuhan pemirsa berkembang baik, mencapai 20 juta unique visitors. Secara keseluruhan, jangkauan siar dan platform digital VIVA mencapai kurang lebih 200 juta orang di seluruh nusantara pada tahun 2016, memberikan VIVA fondasi yang kuat untuk pertumbuhan ke depan.

Tantangan utama yang dihadapi dalam upaya menerapkan strategi convergence for growth adalah kebutuhan akan peningkatan kompetensi sumber daya manusia untuk bersaing dalam era digital ini. Maka dari itu, pada tahun 2016 struktur organisasi disesuaikan dengan kebutuhan usaha, rekrutmen dilakukan dengan selektif sesuai kebutuhan bisnis digital, dan kar yawan diberikan pelatihan untuk mendorong inovasi dan kreativitas mereka. Selain itu, kebijakan sumber daya manusia diseragamkan di seluruh unit bisnis VIVA dengan tujuan mendukung kolaborasi yang lebih erat lagi, mengingat bahwa strategi convergence for growth membutuhkan sinergi yang erat antara semua unit bisnis . Terkait biaya operasional, kami berhasil menekan kenaikan biaya sepanjang 2016 sehingga dapat menghasilkan EBITDA yang lebih baik. Hal ini didukung oleh investasi infrasktruktur dan peralatan di tahun-tahun sebelumnya sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien. Selain itu, karena sebagian besar program diproduksi internal, biaya program juga terkendali.

Mengacu kepada proyeksi Media Partners Asia dan pakar ind us tri lainnya, kami berpandangan bahwa perekonomian Indonesia akan membaik di tahun 2017. Namun, kami berpendapat bahwa laju pertumbuhan akan tetap rendah, sehingga pertumbuhan belanja iklan tetap terikat di angka satu digit sesuai pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, bisnis kami menghadapi dua tantangan: pertama, persaingan untuk merebut pangsa pasar semakin meningkat, dan kedua, persaingan dari digital channel lainnya juga akan meningkat. Untuk menghadapi tantangan tersebut, di tahun 2017 kami akan terus mendorong sinergi antara semua channel yang kami miliki. Penyampaian konten akan ditingkatkan melalui media digital termasuk aplikasi mobile maupun online streaming dengan didukung oleh media sosial maupun aktivasi offline. Kami juga berencana untuk memodernisasi infrastruktur dan konten masing-masing unit bisnis dapat digunakan lebih jauh oleh unit lain. Inisiatif-inisiatif ini diharapkan mendorong pertumbuhan, membantu mengendalikan biaya, dan meningkatkan keterlibatan (engagement) dengan pemirsa.

VIVA senatiasa berkomitmen untuk menjadi warga korporat yang ber tanggung jawab sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Dengan demikian, tata kelola perusahaan yang merupakan bagian dari upaya itu dirasakan sangat penting oleh VIVA dalam perannya sebagai perusahaan publik dan salah satu perusahaan media Indonesia terdepan.Kami berpandangan bahwa Tata Kelola Perusahaan yang Baik sangat penting untuk manajemen yang baik serta pertumbuhan yang sehat, juga untuk memupuk kepercayaan investor. Kami senantiasa berupaya untuk memenuhi ketentuan perundang-undangan dan mengimplementasikan prinsip tata kelola perusahaan dalam semua kegiatan bisnis. Kami juga aktif terlibat dalam kegiatan sosial perusahaan melalui Entitas Anak. Kegiatan sosial kami termasuk memberikan bantuan kepada anak yang kurang mampu dan dhuafa serta membantu korban bencana. Bantuan tersebut disalurkan langsung melalui Entitas Anak maupun tidak langsung melalui organisasi amal tvOne, yaitu Yayasan Satu Untuk Negeri.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi Direksi yang tulus kepada Dewan Komisaris, karyawan, pemirsa, pemegang saham, ser ta mitra VIVA atas kepercayaan dan dukung mereka yang telah berperan begitu penting dalam memajukan Perseroan. Saya berkeyakinan bahwa kami dapat memajukan VIVA bersama lebih jauh lagi melalui konvergensi untuk pertumbuhan di tahun yang mendatang.

Anindya Novyan Bakrie

Presiden Direktur

Hak Cipta © 2018 PT Visi Media Asia Tbk.